Inspirasi Semangat: Bang Dzoel

Achmad Zulkarnain atau yang lebih akrab disapa Bang Dzoel mulai meminati seni fotografi saat bekerja di sebuah penyedia jasa foto KTP di desa kelahirannya, Benelanlor, Banyuwangi. Setelah beberapa kali coba memotret dengan kamera, Bang Dzoel merasa sangat tertarik dan ingin belajar lebih banyak lagi.

Terlahir dengan tangan dan kaki yang berbeda membuat Bang Dzoel harus bekerja ekstra keras dalam mempelajari fotografi. Tidak hanya perihal teknik, tapi juga bagaimana cara mengoperasikan kamera DSLR dengan bagian tubuhnya yang lain. Tidak pernah sekalipun ia menyerah pada kondisinya.

Berkat perjuangannya, karya Bang Dzoel mendapat apresiasi tidak hanya oleh masyarakat nasional tapi juga internasional. Ia berkesempatan memotret artis-artis besar Indonesia hingga diwawancara media besar seperti Aljazeera. 

Perjuangan Bang Dzoel untuk mewujudkan keinginannya menjadi fotografer banyak menemui rintangan. Karena membeli kamera secara kredit, ia harus menggunakan sebagian besar gajinya selama 18 bulan. Selama itu pula, Bang Dzoel belajar mengoperasikan kamera DSLR menggunakan bagian tubuhnya yang lain, seperti bibir untuk menekan tombol on/off dan bagian bawah lengannya yang kecil untuk menekan shutter.

Tidak hanya rintangan saat mempelajari fotografi itu sendiri, Bang Dzoel juga sempat dipandang sebelah mata karena kondisi fisiknya yang berbeda. Namun Bang Dzoel dapat membuktikan kalau ia bisa. Karyanya mulai diapresiasi dengan banyaknya klien. Ia juga mendapatkan beasiswa di sekolah Darwis Triadi, menjadi juri lomba fotografi, menjadi pembicara di berbagai negara, hingga memecahkan rekor MURI atas perjuangannya.

Sejak awal memiliki niat untuk menggeluti fotografi, Bang Dzoel berprinsip untuk terus melangkah ke depan biarpun harus menghadapi tantangan. Menurutnya, untuk memberikan yang terbaik tidak harus sempurna. Yang terpenting adalah berusaha keras dan semangat pantang menyerah untuk menghadapi rintangan. Simak cerita Bang Dzoel di sini!

 

Leave a Reply Text

Your email address will not be published. Required fields are marked *