Inspirasi Semangat: Muhammad Ali Akbar Taufani

Memiliki ketertarikan yang besar pada celana jeans sejak dulu, Muhammad Ali Akbar Taufani mulai bermimpi untuk punya usaha miliknya sendiri setelah dihadiahi celana jeans berbahan denim dari Australia oleh salah satu teman kuliah. Rasa kagum pada celana jeans tersebut membuat Ali penasaran dan mulai mencari tahu tentang bahan denim. Ternyata di Indonesia ada berbagai jenis bahan untuk membuat jeans yang tidak kalah berkualitas dengan denim dari Australia tersebut. Menggunakan uang tabungan sebagai modal awal, Ali mulai membuka pre order custom celana jeans yang ternyata banyak diminati teman kuliahnya.

Minat yang besar ini membuat Ali memberanikan diri membuka workshop jeans di sebuah kios. Passion yang besar membuat Ali yakin akan kemampuannya. Selama dua bulan, ia tidak pulang ke rumah demi mengurus bisnisnya. Ali yang pada saat itu hanya bisa mempekerjakan satu penjahit harus melakukan semua pekerjaan sendiri, mulai dari berkeliling hingga keluar kota untuk mencari bahan jeans terbaik, menerima dan mengurus pesanan, hingga mengirimkan pesanan yang sudah jadi kepada pelanggan.

Hasil kerja keras Ali berbuah manis. Jeans produksinya banyak diminati hingga akhirnya ia menamakan workshop-nya Rumah Demin, sementara brand jeans miliknya dinamakan Comic Jeans. Saat bisnisnya mulai besar, Ia mulai mempekerjakan beberapa penjahit untuk membantu memenuhi pesanan yang datang. Sayangnya, beberapa penjahit tidak berkomitmen dan meninggalkan pekerjaan saat pesanan yang masuk sedang tinggi. Ali akhirnya harus makloon, atau menitipkan jahitan pada konveksi lain, untuk memenuhi pesanan.

Hasil produksi jeans dari konveksi lain tentu saja berbeda dari Rumah Denim milik Ali. Banyak pelanggan yang komplain sehingga Ali menawarkan untuk membuat ulang jeans yang dipesan dengan waktu produksi yang lebih lama atau pelanggan bisa refund. Saat itu, ia mengalami kerugian yang cukup besar. Sempat terbesit di pikiran Ali untuk menutup usaha, namun semangat dan kecintaannya pada jeans membuatnya bangkit lagi. Dibutuhkan waktu cukup lama bagi Ali untuk memperbaiki citra Rumah Denim dan Comic Jeans.

Ali yang pantang menyerah terus mengembangkan bisnisnya. Hingga saat ini, Rumah Denim dan Comic Jeans memiliki sebuah headquarter dan 5 cabang toko di daerah Jabodetabek. Tidak hanya itu, jeans buatan Rumah Denim juga dipasarkan hingga keluar negeri, yaitu Malaysia dan Thailand.

Banyak hal yang dialami Ali yang sudah memulai usaha sejak masih kuliah. Menurutnya, untuk memulai usaha atau mengejar mimpi, kita tidak boleh merasa gengsi atau malu karena semua pencapaian diawali dari nol. Yang terpenting adalah kamu harus berani dan jangan malu berusaha dan mengejar mimpi. Kamu juga harus pantang menyerah dalam meraih mimpi karena akan ada banyak jatuh dan bangun yang harus kamu hadapi. Terus semangat!

Simak kisah inspiratifnya di Instagram @primawaterid!

Leave a Reply Text

Your email address will not be published. Required fields are marked *