#InspirasiSemangat Jendi Pangabean: Atlet Para Renang Peraih Medali Emas

Saat berumur 11 tahun, Jendi Pangabean mengalami kecelakaan motor yang mengharuskan satu kakinya diamputasi sampai pangkal paha. Jendi yang saat itu masih muda tetap semangat menjalani kehidupannya seperti biasa karena teman-temannya juga memperlakukannya tetap sama.

Namun saat memasuki SMA, Jendi mulai mengerti keadaan dan mulai khawatir akan masa depannya. Terlebih kondisi mental keluarganya juga terus menurun karena kekhawatiran akan hal yang sama. Semangat Jendi untuk menjalani hari-harinya sempat turun karena kehilangan arah. Saat itu, yang ingin dilakukan Jendi hanyalah berenang yang sudah menjadi hobinya sejak kecil.

Jendi yang berasal dari sebuah desa kecil di Sumatera Selatan melanjutkan pendidikannya ke Palembang. Di sana, dia mulai mengenal olahraga air untuk disabilitas. Jendi menemukan apa yang ingin serius dilakukannya dan berusaha mewujudkannya dengan bergabung dengan salah satu klub renang di Palembang.

Berlatih renang secara profesional tidaklah mudah. Jendi berusaha mengalahkan keterbatasannya dengan berlatih bersama perenang biasa dan program pelatihan untuk perenang biasa. Keinginan yang besar untuk membahagiakan orang tua, semangat, kerja keras, serta inner strength yang dimiliki Jendi berbuah manis dengan berbagai penghargaan yang berhasil diraihnya.

Pencapaian yang sudah diraih Jendi antara lain pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV Riau 2012, Jendi meraih 2 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Lalu di tahun 2013 pada ASEAN Para Games Myanmar, Jendi berhasil meraih 2 medali emas dan 1 perak. Pada ASEAN Para Games Singapore, Jendi sukses membawa pulang 3 medali emas, 2 medali perak, dan 1 perunggu. Nama Jendi kian melambung dengan pencapaiannya yang berhasil meraih 5 medali emas sekaligus di ASEAN Para Games Malaysia pada 2017. Pada Asian Para Games 2018 lalu yang dilaksanakan di Indonesia, Jendi berhasil meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Seperti ungkapan ‘if there is a will, there is a way’, Jendi mewujudkan keinginannya untuk memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang tua dan keluarganya.

Leave a Reply Text

Your email address will not be published. Required fields are marked *